Home » » EFEK KELEBIHAN VITAMIN B KOMPLEKS

EFEK KELEBIHAN VITAMIN B KOMPLEKS

Efek Kelebihan Vitamin B Kompleks - Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, ternyata penggunaan Vitamin B kompleks yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi tubuh.
Efek Kelebihan Vitamin B KompleksEfek buruk yang ditimbulkan apabila kita mengkonsumsi Vitamin B kopleks secara berlebih diantara yaitu : pusing, mual, muntah, sakit perut, sembelit, ruam pada kulit, gatal-gatal atau alergi, adanya perubahan warna urin, menjadi lebih sering buang air kecil bahkan hingga diare. Untuk kasus yang lebih parah dapat juga mengakibatkan gangguan fungsi ginjal.

Gejala-gejala diatas merupakan efek samping penggunaan Vitamin B kompleks secara garis besar. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan dari masing-masing komponen Vitamin B kompleks.
1.      Vitamin B1 (Thiamine)
Efek yang ditimbulkan berupa reaksi alergi pada kulit, menyebabkan timbulnya ruam pada kulit dan gatal-gatal. Bahkan untuk yang mengalami kasus yang serius dapat juga mengakibatkan pusing, susah bernapas (dada sesak),  mual, gelisah, keringat dingin, wajah dan lidah membengkak
2.      Vitamin B2 (Riboflavin )
Untuk kasus yang umum, efek yang ditimbulkan adalah urine akan berubah menjadi orange, dan hal ini tidak berbahaya.  Hal serius yang dapat terjadi adalah frekuensi buang air kecil dan bisa juga terjadi diare. Dan yang lebih membahayakan efek yang ditimbulkan adalah tenggorokan, lidah, bibir, wajah akan mengalami pembengkakan dan hingga mengalami kesulitan bernapas.
3.      Vitamin B3 (Niacin )
Kulit akan menjadi kemerahan, seperti kesemutan, rasa terbakar, keringat berlebih dan juga kedinginan.  Mual, muntah, sakit perut hingga diare merupakan efek umum yang biasa terjadi. Namun untuk efek yang lebih serius adalah pasien akan mengalami sakit kepala yang berkepanjangan, jantung berdetak tidak teratur, lengan ataupun kaki mengalami pembengkakan, sendi menjadi nyeri-nyeri dan yang fatal adalah penglihatan menjadi kabur.  
4.      Vitamin B5 (Pantothenic Acid )
Tidak akan terjadi efek apa-apa pada tubuh, asalkan penggunaannya tepat. Namun efek samping lain akan timbul apabila penggunaannya melebihi dosis atau aturan.  Diare adalah yang sering terjadi. Dan dalam kasus-kasus tertentu dapat mengakibatkan dada sesak, susah bernapas, lidah, bibir, tenggorokan dan wajah menjadi bengkak.
5.      Vitamin B6 (Pyridoxine )
Vitamin ini tidak dapat menimbulkan efek apapun pada sebagian orang, namun efek yang dapat ditimbulkan berupa hilangnya nafsu makan, kesemutan, sakit kepala, mengantuk, mual dan muntah. Apabila penggunaan tetap diteruskan maka dapat menimbulkan keluhan pada otak dan saraf. Efek samping yang lain adalah pasien mengalami kebingungan, mengakibatkan koordinasi antara anggota tubuh terutama tangan dan kaki menjadi  sangat buruk. Dan juga kelelahan yang teramat sangat akan dirasakan apabila kelebihan mengkonsumsi vitamin jenis ini.
6.      Vitamin B9 (Asam Folat )
Bagi yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung, apabila berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin ini maka resiko untuk mengalami serangan jantung lebih besar.  Ada juga penelitian yang menyebutkan bahwa resiko terkena kanker paru-paru dan kanker prostat akan meningkat.  Kelebihan vitamin ini juga menyebabkan sesak napas, wajah, bibir dan lidah membengkak, serta gatal-gatal.
7.       Vitamin B12 (Sianokobalamin)
Dalam beberapa kasus kelebihan vitamin B12 dapat berakibat gatal-gatal dan juga diare. Namun efek lain yang lumayan parah adalah kram otot, susah bernapas, demam dan menggigil, tubuh, wajah, bibir membengkak, hingga pendarahan.
Untuk menghindari over dosis Vitamin B kompleks maka ada baiknya jika terlebih dahu memperhatikan hal-hal dibawah ini :
1.            Apakah sedang dalam masa hamil dan menyusui ?
2.            Apakah memiliki riwayat sakit lambung, hati atau diabetes?
3.            Apakah mempunyai riwayat alergi terhadap obat-obatan ?
Demikian bahasan Efek Kelebihan Vitamin B Kompleks, maka dari itu lebih baik kita berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar penggunaannya tepat.
Semoga bermanfaat.
  

.  

3 komentar:

  1. Bukankah kelebihan vitamin b complex akan dikeluarkan melalui urin?

    BalasHapus
  2. Bukankah kelebihan vitamin b complex akan dikeluarkan melalui urin?

    BalasHapus
  3. Maaf bu saya baru saja blm ada 3 hari meminum produk vit b compleks kok ada gatal2 semacam ruam berbentuk pulao hampir dibagian perut,gimana y cara mengatasinnya..

    BalasHapus

ARTIKEL POPULER

Diberdayakan oleh Blogger.